Ayat Inti: ULAGAN 33:24-25. Tentang Asyer ia berkata: “Diberkatilah Asyer di antara anak-anak lelaki; biarlah ia disukai oleh saudara-saudaranya, dan biarlah ia mencelupkan kakinya ke dalam minyak. Biarlah dari besi dan dari tembaga palang pintumu, selama umurmu kiranya kekuatanmu.

Asyer adalah seorang anak dari laki-laki dari Yakub, dari zilpa budak perempuan dari Lea, dan asyer juga termasuk didalam ke duabelas suku bangsa Israel, dia adalah anak ke 9 dari Yakub.

Dia bukan seseorang yang terkenal seperti ruben yang merupakan anak sulung yakub, yang berhak mendapatkan hak kesulungan, dia tidak seperti, yehuda yang hebat yang mampu menguasai Israel bagian selatan, dia juga tidak seperti yusuf yang mendapatkan hak kesulungan dia hanya seorang yang biasa yang namanya tidak terlalu diekspos didalam akitab.

KEJADIAN 40:20 Asyer, makanannya akan limpah mewah dan ia akan memberikan santapan raja-raja.

Asyer diberkati oleh Yakub diantara anak laki-lakinya dan asyer mendapatkan sesuatu keistimewaan yang tidak dimiliki oleh saudara-saudaranya yang lain, Yakub membarkati dia dengan berkat yang tidak akan habis, berkatnya berlimpah bahkan berlebihan dan raja-raja pun akan mendapatkan bahagian, ini menunjukan bahwa berkat asyer akan turut dirasakan oleh bangsa-bangsa lain, oleh karena asyer bangsa-bangsa lain pun turut mendapatkan dan merasakan berkat Tuhan.

Biarlah ia disukai oleh saudara-saudara-saudaranya.

 Ini menunjukan bahwa aser adalah seorang anak yang baik, dia seorang anak yang penurut kepada orang tua. dia disenangi oleh saudara-saudaranya, oleh karena sifatnya yang baik, dia menjadi seorang penyegar bagi sahabat-sahabatnya, dia menunjukan suatu sifat yang baik kepada siapa pun,  asyer menunjukan sifatnya yang baik menunjukan bahwa dia adalah seorang anak Tuhan, dia menunjukan sifatnya sebagai seseorang yang dipilih Tuhan. dan itulah yang membuat dia menjadi seseorang yang di hormati dan disenangi oleh saudara-saudaranya.

Kehidupan Asyer juga menjadi teladan bagi kita sebagai umat Tuhan, keberadaan kita, kehadiran kita dimanapun kita berada kiranya menjadi berkat bagi orang lain, bagi sahabat-sahabat kita, bagi saudara-saudara kita. Sering kita tidak menjadi seseorang pembawa berkat bagi orang lain, dan inilah yang sering menghalangi kita untuk menyampaikan firman Tuhan, sifat kita, sikap kita merupakan khotbah yang hidup yang akan didengar, dilihat oleh setiap orang, disetiap hari, jangan sampai kita menjadi batu sandungan bagi orang lain.

Biarlah ia mencelupkan kainya kedalam minyak.

Ada seorang pengusaha minyak yang sangat kaya, dia adalah seorang berkebangsaan yahudi, pada saat dia membaca ayat ini maka tergerak lah hatinya. Dia mulai meneliti dimanakah bahagian dari pada asyer yang dibagikan dan ditempati dulu, dia mulai meneliti dan menemukannya, dan dia yakin bahwa disitu adalah sumber minyak, karna kata-kata dari Musa pada saat dia membarkati asyer, pengusaha ini yakin bahwa dibahagian dari pada asyer merupakan pusat minyak. Dan dia membeli semua tanah yang ditempati oleh suku asyer dulu.

Minyak yang dimaksudkan disini bukanlah minyak bumi tetapi berkat Tuhan yang besar keatas kehidupan dari pada asyer, ini menunjukan bahwa dia tidak akan berkekurangan dia akan tetap subur, dan kasih Tuhan selalu berada dalam kehidupanya.

Bilamana kita hidup seperti Asyer, berkat Tuhan kasih Tuhan tetap berlaku bagi kehidupan kita setiap waktu seperti minyak yang yang meleleh, yang tidak berhenti dan tidak berkesudahan. Berkat itu bukan hanya menjadi bahagian kita namun dia akan seperti sifat dari minyak yang akan mengalir kemana-mana dan semua orang dapat merasakannya.

Dari besi dan tembaga palang pintumu

Perlindungan yang besar, yang tidak dapat dipatahkan oleh siapa pun, besi dan tembaga adalah bahan yang keras, yang susah dipatahkan, perlindungan yang Asyer dapatkan bukanlah perlindungan duniawi, bukan tentara-tentara yang mengawali dia atau mengelilingi dia, tetapi Tangan Tuhan menjadi perlindungan bagi dia tidak ada yang bisa mengalahkan dia, musuh musuh akan terhalau kerena Tuhan yang mengelilingi dia Tuhan yang menjadi besi dan tembaga bagi dia tidak ada yang bisa mematahkan itu. Perlindungan Tuhan bagi Asyer bukanlah sementara tetapi itu berlaku seumur hidupnya dan kepada semua keturunannya.

Perlindungan yang Asyer dapatkan dari Tuhan itu pun adalah perlindungan yang sama yang diberikan Tuhan kepada umat-umat-Nya saat ini, Tuhan tidak membiarkan umat-Nya dijajah oleh dunia tetapi Tuhan memegang kita Tuhan menghalau musuh-musuh kita, dan tangan Tuhan selalu menyertai kita didalam kehidupan kita bukan hanya sementara tetapi itu berlaku bagi kita seumur hidup kita.

Selama umurnya kiranya kekuatanmu

Kekuatan menjadi bahagian dari pada Asyer dan itu berlaku seumur hidupnya, kekuatan yang sama yang Tuhan berikan kepada kita bilamana kita hidup bersama Tuhan, Tuhan akan selalu menyertai kita didalam kehidupan kita

Kesimpulan

Umat-umat Tuhan yang sejati akan selalu menunjukan kehidupan kristiani, dan mereka akan selalu merasakan berkat Tuhan dalam kehidupan mereka. Tangan Tuhan akan menjadi bahagiannya, dan Tuhan akan selalu mnyertai dia dalam kehidupannya.