Kejadian 1:29

Berfirmanlah Allah, lihatlah Aku memberikan kepada mu segala macam tumbuh-tumbuhan yang bebiji di seluruh bumi dan segala pohon yang buah nya berbiji  itulah yang akan menjadi makanan mu.

Itu makanan yang di tentukan oleh Allah bagi manusia di taman eden, makanan tersebut yang harus di makan, makan itu adalah makanan yang nomor satu dari semua makanan di atas bumi ini,  itu adalah makanan yang berman faat bagi kebutuhan tubuh manusia.

Kejadian 3:18-19

Ku berikan segalah tumbuhan hijau menjadi makanan mu.’’ Setelah meninggalkn eden untuk mencari nafkah dengan mencangkul  tanah  yang sudah di kutuk oleh dosa, setelah manusia jatuh ke dalam dosa maka manusia di ijinkan makan segala tumbu-tumbuhan hijau yang tumbuh di padang  biji-bijian,  buah-buahan, kacang- kacangan, sayur-sayuran dan air putih  adalah makanan yang di pilih pencipta bagi manusia makanan ini adalah makanan yang paling menyehatkan yang menunjang pertumbuhan kalau itu di sediakan secara sederhana dan secara alamiah. Makanan ini menguatkan dan memberikan daya tahan tubuh yang tinggi, kekuatan intelektual, yang terdapat dalam makanan lain yang merangsang  Kita melihat bahwa kasih Alah sangat besar bagi manusia, Dia yang menciptakan kiita dan dia tau akan keperlian hiidup kita  termsuk kebutuhan bagi tubuh kita.

E G White dalam buku nya, MEMBINA POLA MAKAN DAN DIET. Hal 80

Allah memberikan makanan kepada nenek moyang kita yang pertama. Dia yang menentukan nya sebagai makanan manusia. Adalah bertentangan dengan rencana Nya untuk mencabut nyawa makluk lain. Seharus nya tidak ada kematian di taman eden. Buah-buah dari pepohonan di taman itu adalah makanan yang memenuhi kebutuhan manusia.

Tuhan bermaksud membawa umatnya untuk kembali memakan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian sederhana. Allah menyediakan makanan dalam keadaan alamiah bagi nenek moyang kita yang pertama.

E G White dalam buku nya, MEMBINA KELUARGA SEHAT. Hal 271

Orang orang yang terbiasa dengan makanan lesat yang sangat merangsang mempunyai selera yang tidak alami, dan mereka tidak langsung menikmati makanan yang sederhana dan biasa…

Oleh karna itu kita perlu menjaga pola makan kita, merubah pola makan kita menjadi pola makan yang sehat menurut apa yang di katakan Tuhan melalui Hamba nya E G White.

Kita juga melihat di dalam  alkitab, 10 keturunan hingga air bah

  1. Adam berumur 930 tahun
  2. Set berumur 912 tahun
  3. Enos berumur 905 tahun
  4. Kenan berumur 910 tahun
  5. Mahalael berumur 895 tahun
  6. Yerad berumur 962 tahun
  7. Henokh berumur 365 tahun oleh karna  dia bergaul dengan Allah maka dia di angkat hidup- hidup ke sorga dan dia tidak merasakan ekan kematian itu.
  8. Metusalah berumur 969 tahun
  9. Lamekh berumur 770 tahun
  10. Nuh berumur 950 tahun

Di sini lah kita bisa membandingkan akan kehidupan sebelum dan sesudah air bah, dan secara jelas menyatakan bahwa kehidupan sebelum dan sesudah air bah. maka di dapati umur manusia sesudah air bah maka umur manusia semakin menurun oleh karna salah satu penyebap nya adalah  manusia mulai makan daging, oleh karna padawaktu air surut dan Nuh turun dari bahtra semua tumbuhan hijau mati dan belum ada yang tumbuh oleh karna itu Tuhan menyuruh Nuh untuk makan daging, tetapi makanan itu hanya bersifat sementara dan bukan untuk selama nya.

Tetapi dunia sekarang berubah, sekarang daging lah yang manusia utamakan dan akhir nya umur manusia semakin  menurun hingga manusia skarang hanya beumur 70-80 tahun dan itu sudah  kembali kepada kekanak-kanakan.

E G White dalam buku nya, MEMBINA KELUARGA SEHAT. Hal 270

Makanan harus di pilih yang paling memberikan unsur-unsur yang diperlukan untuk pembangunan tubuh, dalam pilihan ini selera bukan penuntun yang aman, karna sering kali selera membawa kita kepada pilihan yang salah dan menyimpang  akhir nya membawa kita menjadi saseorang yang berpenyakitan…

Kita juga bisa melihat bagemana  bangsa israel keluar dari mesir mereka menuntut musa untuk memberikan kepada mereka daging, seharus nya makanan mereka adalah manna dari langit yang Allah kirimkan bagi mereka tetapi oleh karna selera, mereka menuntut musa agar musa memberikan kepada mereka daging , maka Allah mengirimkan kepada mereka daging yaitu burung puyu yang sangat banyak lalu mereka menangkap dan makan dan akhirnya  bayak dari mereka yang mati pada saat itu juga oleh karena itu maka semua buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang di butuhkan oleh tubuh.

E G White dalam buku nya, MEMBINA KELUARGA SEHAT. Hal 284

Karna menyimpang  dari rencana ilahi tentang makanan yang di tentukan bagi mereka, bangsa israel sangat menderita. Mereka menginginkan makanan daging dan mereka menuai akibat nya. Merka tidak mencapai standar tabiat Allah atau memenuhi maksud Nya. di berikan kepada mereka apa yang merka minta, dan di datangkan nya wabah penyakit di antara mereka. Mereka menilai hal duniawi di atas perkara rohani, dan mereka tidak memperoleh sifat unggul yang kudus yang telah di rencanakan oleh Allah bagi mereka.

Penghotbah 10:17

Berbahagialah engkau tanah, kalau raja mu seorang yang berasal dari kaum pemuka, dan pemimpin- pemimpin mu, makan pada waktu nya dalam keperkasan  dan bukan dalam kemabukan.

Ayat ini sangat mendalam bagi kesehatan kita, raja salomo menghimbau kita agar makan pada waktu nya, jangan terlalu ceroboh dalam hal makanan  dan kita sebagai calon-calon pemimpin. salomo mengingatkan kepada kita agar berlaku seperti yang di katakan Tuhan kepada kita janganlah kita membawa diri kita kedalam berbagai-bagai pencobaan hidup.

E G White mengatakan makanan adalah obat alamiah, ada banyak cara melakukan seni penyembuhan  tetapi hanya satu yang di restui oleh Sorga, obat yang berasal dari Allah adalah buah-buahan yang sederhana. Bahan-bahan ini tidak membebani atau melemahkan tubuh dengan sari nya yang berkuasa itu, udara bersih, air bersih, kebersihan, makanan teratur, kesucian hidup dan keyakinan kepada Allah semuanya ini adalah obat bagi tubuh kita…

Banyak penelitian yang di lakukan oleh para ilmuan kesehatan yang terkenal di dunia ini dan membuktikan bahwa makanan yang sehat adalah buah-buahan, biji-bijian, sayur-sayuran dan air putih. Oleh karna itu makanan yang sudah di tentukan oleh Allah bagi kita sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Roma 12:1

Karna itu saudara-saudara demi kemurahan Allah aku menasehatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuh mu sebagai persembahan yang hidup yang kudus dan berkenan kepada Allah:itulah ibadah mu yang sejati.

Rasul paulus menekankan kepada kita bahwa tubuh adalah persembahan yang hidup di hadapan Allah, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah

1 korintus 6:19-20

Atau tidak taukah kamu bahwa tubuhmu adalah bait roh kudus yang diam di dalam kamu, roh kudus yang kamu peroleh dari Allah dan bahwa kamu bukan lah milik kamu sendiri. Sebab kamu telah di beli dan harganya telah lunas di bayar, karna itu muliakkan lah Allah dengan tubuhmu.

Tubuh kita bukanlah milik kita tetapi  adalah milik Allah karna kita telah dibayar lunas  karna itu biar lah kita memuji Tuhan dengan tubuh kita.

Tetapi aku melatih tubuh ku dan menguasai nya seluruh nya supaya sesudah membritakan injil kepada orang lain, jangan aku sendiri di tolak.

Ayat ini  tertuju bagi kita para calon pelayan Tuhan kita harus menguasai tubuh kita melalui makanan karna jangan kita berkhotbah, jangan makan daging tetepi kita sediri yang makan daging dan kita menjadi batu sandungan bagi orang lain

Roma 12:2

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budi mu sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendah Allah, apa yang baik yang berkenan kepada Allah.

Seseorang kristen yang sudah mengetahui akan pekabaran Tuhan melalui kesehatan hendaknya dia berobah dan janganlah kita menjadi serupa dengan dunia ini tetapi berubahlah menurut kehendak Allah. karna kita adalah umat pilihan Allah dan sudah di kususkan untuk menjadi terang. Termasuk terang kebenaran melalui kesehatan.

Tubuh kita di bangun dari makanan yang kita makan. Ada saja senantiasa jaringan-jaringan tubuh yang rusak; setiap gerakan dari tiap organ mencakup pemakayan bahan, dan pemakayan ini di pulihkan dengan makanan kita, setiap oragan tubuh memerlukan makanan dengan gizi yang cukup.

Biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran adalah yang dipilih untuk kitaoleh sang pencipta. Makanan-makanan ini, yang sedapat mungkin di hidangkan secara sederhana dan alami, adalah makanan yang paling menyehatkan dan bergizi. Makanan tersebut memberi kekuatan kemampuan daya tahan, dan kebugaran intelek yang tidak di peroleh dari menu makanan yang lebih mahal dan merangsang.

Persediaan yang meliimpah dari alam untuk buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijan banyak sekali, dan dari tahun-ketahun hasil bumi pada umum nya dapat di bagikan kepada semua orang berkat fasilitas angkutan yang semakin menigkat. Sebagai hasilnya.

I Korintus  9

9:24 Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya!

Oleh karena itu maka Allah menasehati kita agar setiap makanan yang kita makan hendaklah selalu sehat agar tubuh kita sehat.